Latest News

Membuat Masakan Ringan Elok Mino Mini Nopia Khas Purwokerto

Kue Mini Nopia unik dengan bentuk ibarat telur dan rata pada salah satu sisinya. Kue unik ini dikenal juga dengan nama kue Mino . Ada juga yang menyebutnya camilan manis pia telur gajah. Kue nopia dengan ukuran yang kecil dikenal dengan nama Kue Mino atau Kue Mini NOpia. Kue ini merupakah oleh oleh dari kota purwokerto gampang kita jumpai di sepanjang jalan purwokerto - sokaraja. Biasa dijual di daerah menjual oleh oleh getuk goreng dan aneka camilan manis lainnya. Kue ini banyak diproduksi di kabupaten  Banyumas dan Purbalingga.

Kue kering ini mempunyai tekstur kulit yang keras namun halus dan renyah dengan isi toping gula merah beraroma bawang merah ( brambang ). Gula merah yang melekat didalam dinding kulit camilan manis terasa legit ketika digigit. Sekarang selain rasa gula jawa beraroma bawang merah kue Nopia dan Mino atau mini nopia tersedia juga dengan banyak sekali aneka macam rasa ibarat durian, nangkar, coklat, pandan dan masih banyak lagi.

Kue khas purwokerto ini hanya dibuat memakai adonan tepung terigu yang diisi gula merah atau gula jawa. Yang unik ialah proses memanggangnya dan berbeda dari camilan manis manapun di dunia ini yang pernah aku tahu. Proses memanggangnya masih sangat sederhana yakni dengan tungku ibarat sumur terbuat dari tanah liat yang dalamnya dibakar menggunakan batok kelapa atau kayu bakar pelepah pohon kelapa gres kemudian Kue Nopia ini ditempelkan di dinding tungku. Dalam keadaan tungku yang masih panas menjadikan camilan manis nopia ini mengembung dan membuat camilan manis yang unik dan khas.

unik dengan bentuk ibarat telur dan rata pada salah satu sisinya Membuat Kue Mino Mini Nopia Khas Purwokerto

Setelah matang kue mino diambil dari pemanggang untuk diperiksa kondisinya. Kue Nopia yang anggun dan layak dijual akan berberbentuk bundar dan rata. Terkadang isi camilan manis nopia ada juga yang keluar disebabkan lantaran suhu yang terlalu panas, isi yang terlalu banyak atau lantaran hal lain. KUe dengan isi yang keluar ini masih layak dikonsumsi dan dijual dengan harga yang lebih murah. Berikut proses pembuatan Kue Nopia atau Mini Nopia :
  • Campurkan tepung terigu dengan air kemudian diaduk aduk hingga rata.
  • Adonan tepung terigu dibuat bundar sebesar ibu jari dan pipihkan pada kepingan tengah diberi gula merah yang telah dihaluskan. Tutup gula merah dan bentuk bundar kembali.
  • Selanjutnya panaskan pemanggang mino dengan kayu bakar hingga apinya mati dan ambil bubuk dan baranya biar tidak mengotori kue.
  • Adonan Kue mino ditempelkan di dinding kepingan dalam oven camilan manis selama 30 Menit. Angkat camilan manis mino yang telah mengembang siap untuk dinikmati. simpan camilan manis dalam plastik atau toples biar camilan manis mino sanggup bertahan lama.
Isi camilan manis mino intinya hanyalah gula jawa. Untuk membuat camilan manis mino aneka rasa campur gula jawa dengan coklat, rasa durian, nangka atau lainnya. Ternyata membuat camilan manis mino ini cukup gampang dan cukup menantang yah. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Membuat Masakan Ringan Elok Mino Mini Nopia Khas Purwokerto"