Latest News

Resep Menciptakan Makanan Ringan Anggun Rangi Sagu Tradisional Betawi

Kue rangi merupakan Kue Tradisional khas betawi yang terbuat dari kelapa dan sagu dengan dibalut saus gula merah yang anggun dan legit. Kue ini menyerupai seperti kue pancong dengan ukuran lebih kecil tekstur yang lebih bergairah menyerupai mirip kue sagon. Meskipun Kue ini terbuat dari materi yang sangat sederhana namun rasanya wow MANTAP !!! tak kalah dengan aneka makanan ringan anggun modern yang sekarng banyak beredar.

Dahulu Kue istimewa ini biasa dijajakan menggunakan pikulan atau gerobak keliling kampung. Kadang juga dijajakan di sekolah sekolah. Kue ini disukai oleh anak anak maupun sampaumur Kini sudah sangat jarang pedagang yang jual makanan ringan anggun rangi dan kesannya makanan ringan anggun istimewa ini kurang dikenal oleh generasi muda kini padahal makanan ringan anggun rangi merupakan jajanan tradisional yang khas dan Istimewa rasanya

Cara menciptakan makanan ringan anggun rangi bekerjsama tergolong gampang Namun keberadaan makanan ringan anggun rangi mulai susah ditemukan.. Cara buat makanan ringan anggun rangi masih menggunakan cara tradisional. Untuk melestarikan makanan ringan anggun rangi berikut resep menciptakan makanan ringan anggun rangi betawi tradisional.

 yang terbuat dari kelapa dan sagu dengan dibalut saus gula merah yang anggun dan legit Resep Membuat Kue Rangi Sagu Tradisional Betawi

Bahan Membuat Kue Rangi
kelapa bau tanah 200 gram  diparut kasar
tepung sagu 400 gram 
garam  1 sdt
air  125 ml 

Bahan Saus Rangi Gula Merah
gula merah  150 gram 
air 200 ml 
tepung sagu 5 sdt ( larutkan dengan 5 sdt air )

Cara menciptakan Kue Rangi:
  • Cara menciptakan saus : rebus air dan gula merah sampai gula larut lalu Saring. Campurkan tepung sagu semoga kental. Aduk sampai saus matang. Angkat.
  • Campur tepung sagu, kelapa parut, dan garam lalu uleni sambil Masukan air bertahap sampai berbutir.
  • Panaskan cetakan makanan ringan anggun rangi dengan api sedang. Tuangkan gabungan makanan ringan anggun rangi. Selanjutnya Tutup cetakan dan biarkan 5 menit sampai matang. Angkat. Kue rangi siap disajikan bersama saus gula merah.
Dengan mencoba resep makanan ringan anggun sagu rangi berarti anda telah turut serta melestarikan makanan ringan anggun tradisional ini. Kue rangi nikmat dijadikan cemilan dikala santai di pagi maupun sore hari. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Menciptakan Makanan Ringan Anggun Rangi Sagu Tradisional Betawi"