Latest News

Resep Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Wajik Ketan Gula Jawa

Wajik ketan siapa yang tak kenal dengan masakan yang satu ini. Kue dari beras ketan ini merupakan salah satu  jajanan tradisional yang telah usang dikenal di Indonesia terutama di jawa dan bali. Rasanya manis, legit dan enak juga.

Kue wajik ketan mudah ditemukan ketika ada program hajatan dan juga ketika lebaran di kawasan daerah pedesaan sebagai jamuan tamu. Di hari biasa Kue Wajik ketan paling gampang ditemukan di Jawa Tengah terutama di Kota Magelang sebagai oleh oleh khas kota tersebut Meskipun didaerah lain di indonesia juga ditemukan aneka jenis wajik lain untuk oleh oleh menyerupai wajik bandung, wajik kelapa, wajik kletik bahkan ada pula wajik jagung. 

Wajik ketan mempunyai beberapa varian rasa diantaranya wajik ketan gula merah yang mempunyai rasa paling legit kemudian camilan cantik wajik gula pasir dan juga camilan cantik wajik pandan yang tidak memakai gula merah. Untuk membuat wajik ketan tidak terlalu sulit tapi membutuhkan tenaga dan kesabaran terutama pada ketika mengaduk campuran wajik.

Cara menciptakan camilan cantik wajik ketan masih memakai cara dan materi yang sederhana sehingga rasa kue istimewa ini tetap terjaga. Bagi anda yang ingin mencoba resep wajik ketan sendiri anda dapat mencobat resep menciptakan camilan cantik wajik ketan berikut ini :

Wajik ketan siapa yang tak kenal dengan masakan yang satu ini Resep Cara Membuat Kue Wajik Ketan Gula Jawa

Bahan Resep menciptakan camilan cantik Wajik :
  • beras ketan putih 500 gram (rendam 3 jam, tiriskan)
  • kelapa 1 butir ( buat santan 500 ml )
  • gula merah / Gula jawa 200 gram 
  • gula pasir 2 sendok makan 
  • daun pandan 3 lembar , sobek-sobek, buat simpul
Cara Membuat Kue Wajik Ketan spesial :
  • Kukus ketan selama setengah masak siram dengan air panas, angkat, dinginkan. Kemudia Kukus lagi hingga Matang.
  • Panaskan santan, gula jawa dan gula pasir serta daun pandan hingga mendidih dan kental berminyak kemudian kecilkan apinya.
  • Sambil diaduk Masukkan ketan kemudian masak hingga matang dan santan terserap semuanya. Ketan harus terus diaduk hingga rata rekat dan kering biar ketan tidak hancur dan gosong.
  • Tuangkan wajik ketan diatas tampah yang dilapisi daun pisang kemudian ratakan dan dinginkan. Terakhir potong sesuai selera, sajikan diatas piring, wajik ketan siap dinikmati.
Kue wajik ketan gula merah ini memang istimewa rasanya. Cita rasanya yang khas membuat camilan cantik wajik masih tetap exis hingga sekarang. Meskipun aneka macam jenis jajanan dan kue modern mulai banyak bermunculan. Semoga dengan adanya Resep Kue wajik ini dapat mengakibatkan camilan cantik wajik tetap lestari. Selamat mencoba resep enak  membuat wajik, semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Wajik Ketan Gula Jawa"